Penulis Artikel : Renata Elysia Rachman
Jurusan Manajemen
Fakultas Ekonomi Bisnis
Universitas Andalas
Jika berkunjung ke Kota tua Sawahlunto, Kota WTBOS (Warisan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto) yang masuk UNESCO, sebagai rujukan kunjungan wisatawan dunia dan mancanegara juga wisatawan lokal, maka tak lengkap rasanya jika tidak bersentuhan dengan kuliner khasnya. Bagi pecinta aneka kue yang lembut dan manis bisa menjadi referensi dan mampir di “Diana Cake” , dimana Diana Cake merupakan toko kue paling terkenal enak dan lezat di kota Sawahlunto.
Diana Cake didirikan oleh Diana (49) sebagai ownernya sejak akhir November tahun 2012. Diana sendiri merupakan wanita kelahiran kota Sawahlunto 30 Januari 1975. Toko kue Diana ini terletak di lokasi strategis pada pusat kota, berada pada Jl. Ahmad Yani Pasar Remaja Kecamatan Lembah Segar.Kota Sawahlunto. Sehingga pengunjung atau wisatawan sangat mudah menemukan toko kue Diana Cake karena sangat gampang ditemukan dan akses ke lokasipun mudah. Bisnis kue Diana Cake berbasis manufaktur, karena produk yang dijual adalah hasil olahan sendiri. Meskipun dari segi marketing selain menjual produksi sendiri juga menerima titipan dari beberapa pemasok. Dan roti-roti produksinya sendiri merupakan daya tarik utama bagi pelanggan.
Berbagai ragam jenis kue ditawarkan oleh Diana Cake, kue-kue tersebut sangat memikat selera pengunjung. Toko ini tidak hanya menawarkan variasi rasa tetapi juga kualitas tetap dijaga dengan baik. Salah satu produk unggulan yang menjadi favorit pelanggan yaitu kue brownies arang. Brownies arang memiliki rasa yang legit dengan tekstur lembut, serta warna hitam pekat yang membuatnya berbeda dengan brownies lainnya. Ciri khas ini menjadikan Brownies arang pilihan utama bagi wisatawan yang ingin membawa oleh-oleh Khas Kota Sawahlunto.
Dari segi pemasaran Brownies arang dijual dalam dua ukuran, yaitu kecil dan besar. Dengan harga yang terjangkau ukuran kecil Rp. 30 ribu, dan ukuran besar Rp. 60 ribu. Setiap brownies dengan baik dalam kotak yang bertuliskan ” Diana Cake” dan siap dibawa pulang atau diberikan kepada keluarga dan teman. Kemasan yang menarik dan praktis ini menjadi salah satu kekuatan dari Diana Cake, disamping kualitas dan rasa yang sudah tidak diragukan lagi. Keberhasilan dalam memadukan kemasan dan branding yang kuat juga turut membantu meningkatkan penjualan produk-produk Diana Cake termasuk Brownies arang ini.
Sejalan dengan perkembangannya, Diana Cake terus melakukan inovasi. Tidak hanya menjual Brownies dan roti Bolu, toko ini juga menawarkan berbagai macam produk lain. Termasuk Donat, Pie, Pudding, Pizza, Keripik, Gorengan, hingga Minuman. Setiap produk memiliki cita rasa yang khas dan selalu terjaga kualitasnya, membuat Diana Cake semakin diminati oleh berbagai kalangan pelanggan. Keberagaman produk ini juga memungkinkan toko untuk menarik lebih banyak pelanggan dengan referensi yang beragam, dari yang suka manis hingga yang suka cemilan gurih.
Memasuki tahun keduabelas, Diana Cake tetap mempertahankan posisinya sebagai salah satu toko roti, yang paling diminati di Kota tua Sawahlunto. Meskipun banyak toko roti bermunculan di Kota ini, Diana Cake tetap bertahan dan bersaing dengan baik. Hal ini tidak terlepas dari strategi pemasaran yang diterapkan dengan sangat baik oleh toko ini. Diana Cake me jaga kualitas produk secara konsisten memastikan bahwa setiap roti yang dijual memilikimu rasa dan tekstur yang selalu memuaskan. Disampung itu juga diberikan pelayanan yang ramah dan profesional juga menjadi salah satu faktor kunci yang membuat pelanggan betah dan ingin kembali lagi.
Selain menjaga kualitas produk dan layanan, Diana Cake juga sangat aktif memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi. Melalui berbagai platform digital, seperti Instagram dan Facebook, Diana Cake memeperkenalkan produk-produk baru, memberikan informasi terkait promo serta berinteraksi dengan pelanggan. Promosi yang dilakukan secara konsisten melalui media sosial ini sehingga membantu memperluas jangkauan pasarnya. Tidak hanya terbatas di Kota Sawahlunto, terapi juga ke wilayah sekitarnya. Melalui strategi pemasaran digital ini Diana Cake berhasil menarik pelanggan baru dan mempertahankan loyalitas pelanggan lama sehingga toko ini tetap eksis dan berkembang di tengah persaingan yang semakin ketat.
Diana menyebutkan kunci suksesnya, ” Kita terus perkembangan pasar, tentunya dengan tetap mempertahankan cita rasa dan kualitas serta kemasan yang menarik,” ujarnya.
Sebagai UMKM Diana Cake terus berkembang, semula karyawan nya berjumlah enam (6) orang, kini sudah bertambah menjadi dua belas (12) orang ini membuktikan kesuksesan UMKM tidak hanya bagi diri sendiri dan keluarga tetapi juga menciptakan lapangan jerja bagi orang-orang disana.
Endang yang berprofesi guru ini sebagai pelanggan lama’ mengungkapkan,” Saya suka belanja di Diana Cake karena rasanya selalu sama sejak pertama kali saya beli, tetap enak dan tekstur nya itu juga lembut,” kata dia.
Nada yang sama diucapkan oleh Yatuk pegawai swasta ini menyebutkan,” ” Setiap ada acara rapat kantor kami pasti pesan di Diana Cake, packagingnya bagus dan kualitas rotinya juga bagus,” tutur Yayuk.
Namun bagi Santi sebagai ibu rumah tangga dia merasa terbantu dengan toko roti Diana Cake ini,” Anak-anak saya kalau ulang tahun, pastinya harus sedia kue ulang tahun sesuai tema, jadi saya tiap tahunnya pesen disini. Kuenya sesuai dengan tema ulang tahun anak saya, cantik dan unik, sehingga bisa untuk party kecil-kecilan dengan keluarga dirumah,” pungkas dia.