Sawahlunto, ScMNews.id – Pasca HUT PDAM yang ke 32 di bulan Januari 2025, PDAM mengadakan Dispensasi diawal tahun berupa Diskon Pemasangan baru sebanyak 50 persen dari harga standar, dan Pemasangan Kembali dengan tidak perlu membayar denda namun tetap membayar biaya tunggakan dan pemasangan buat Pelanggan PDAM yang ada di kota Sawahlunto. Dan masa Dispensasi bagi pelanggan itu dimulai tanggal 1 Januari 2025 hingga 31 Januari 2025. PDAM sendiri sudah menerima 100 pelanggan dalam masa tersebut, dimana 90 pelanggan pemasangan baru dan 10 pelanggan pemasangan kembali.
Direktur PDAM Sawahlunto Julmadizon, ST menjelaskan, tujuan dari pemberian dispensasi tersebut untuk memberikan pelayanan dasar PDAM terbaik bagi para pelanggan yang ada di Kota Sawahlunto. ” Selama satu bulan tersebut sudah 100 pelanggan yang mendaftar. Bagi pemasangan baru mendapatkan diskon 50 persen dari harga standar yaitu Rp. 1. 060.000, begitu juga dengan pemasangan kembali. Syaratnya untuk pelanggan baru cuma KTP dan KK sedangkan pemasangan kembali yaitu rekening pembayaran,” ujarnya.
Julmadizon juga menjelaskan mulai awal Februari 2025 akan dilakukan pemutusan bagi pelanggan yang telah menunggak selama ini. ” Kami sudah memberikan dispensasi tentu kami juga meminta hak kami kepada pelanggan sesuai dengan peraturan yang berlaku bila sudah tiga bulan pemasangan tidak membayar biaya administrasi maka PDAM berhak memutuskan aliran air pelanggan. Disamping hal itu PDAM juga memerlukan biaya operasional perawatan dan perbaikan demi pelayanan yang optimal. Kami memiliki 3000 pelanggan yang melakukan penunggakan,” ucapnya.
Disinggung terkait kebutuhan PDAM Sawahlunto yang mendesak, Julmadizon mengungkapkan keinginannya agar pemerintah daerah memperhatikan kebutuhan PDAM berupa penambahan Pompa untuk daerah Rantih 2 buah, perbaikan pipa di daerah Baru Tajam sepanjang 400 meter, dan juga peabahan satu buah unit mobil tangki.
Bagi dia saat ini hanya fokus pada perbaikan pelayanan dengan menggunakan sumber daya yang ada, persoalan sumber air tidak sebab sumber air sudah mencukupi untuk Kota Sawahlunto bahkan banjir. ” Kita akan tetap memenuhi kebutuhan pelanggan terhadap air, sekarang kondisinya 90 persen yang berlangganan air PDAM Sawahlunto sudah merasakan air bersih minimal 3 kali seminggu bahkan ada daerah yang hidup sampai tiap hari. Komitmen dan kerja keras bersama timwork terus kita galakkan agar pelayanan optimal seterusnya,” pungkasnya. (pin)